Bagaimana naik MRT di Jakarta, gampang yuk cobain

Bagaimana naik MRT di Jakarta, gampang yuk cobain
5 0
Read Time2 Minute, 56 Second

Pengumuman MRT udah ada dong di Jakarta, Indonesia udah pada pernah coba dong tentunya? Atau ada yang belum sempet? Baru pertama kali dan bingung bagaimana naik MRT di Jakarta? Mudah banget tau gak, sini Indoventure kasih bocoran biar ga kikuk didepan pintu masuk.

Baca juga https://www.indoventurelife.com/2019/10/jalan-jalan-di-jakarta-pake-scooter-dari-grab/

Sebelumnya udah pada tau dong MRT itu singkatan dari Mass Rapid Transit atau lebih dikenal Ratangga sama kaya kereta tapi MRT punya jalur sendiri dan kecepatannya terhitung cepat. Dimana waktu tunggu kereta mrt pun ga selama kalo nunggu krl ya pawners sekitar 5 menit di peak hour dan 10 menit di jam yang ga rame.

Untuk yang baru pertama kali naik MRT mohon diperhatikan ya peraturannya, mulai dibiasakan membaca karena jika sampai melanggar kena denda loh sayang banget!

Peraturan naik MRT yang harus diperhatikan:
1. Dilarang makan dan minum;
2. Dilarang duduk di lantai;
3. Dilarang membuang sampah atau meludah;
4. Dilarang bersandar ke pintu kereta;
5. Dilarang berjualan;
6. Dilarang meminta sumbangan;
7. Dilarang mencoret-coret;
8. Dilarang merokok;
9. Dilarang membawa senjata api/tajam;
10. Dilarang membawa hewan peliharaan;
11. Dilarang membawa barang mudah terbakar atau meledak;
12. Dilarang membawa benda berbau menyengat dan mengganggu kenyamanan.

Sebelum masuk ke area kereta MRT kalo yang terlanjur bawa minuman bisa kok dihabisin dulu kecuali kalo bawa tumbler itu gapapa boleh masuk kok. Jadi taat peraturan ya pawners.

Stasiun MRT juga bukan tempat piknik ya guys jadi ga boleh duduk-duduk dilantai apalagi buang sampah sembarangan karena cctv ada dimana-dimana jadi pasti ketahuan dan nanti ditegor, jangan sampe kena denda ya!

Nah untuk pawners yang udah punya kartu bank contohnya E-money, Flazz, Brizzi, dll itu bisa digunakan sebagai tiket tanpa harus beli single trip mrt tapi perlu diingat saldo nya harus sudah terisi ya kalo misal belum tau mending cek dulu deh soalnya kalo udah ngetap ternyata saldonya gaada kalian gabisa keluar loh :’)

Kartu tiket MRT Emoney atau single trip
Tiket MRT menggunakan kartu elektronik atau single trip MRT

Untuk yang ga punya kartu bank diatas bisa beli single trip mrt, harga kartunya Rp. 15 ribu ditambah ongkos tujuan tapi harga kartu sebetulnya free cuma deposit saja. Jadi gini, misal kamu dari stasiun Istora Mandiri mau ke Blok M harga nya Rp. 5000 nanti kamu beli kartu single trip seharga Rp. Rp. 20 ribu setelah sampai di stasiun Blok M kamu harus kembali ke loket untuk return kartu dan nanti dikembaliin yang Rp. 15 ribu tadi. Kalo ga dikembaliin juga gapapa tapi kamu bakal rugi Rp. 15 ribu soalnya kartunya ngga bisa dipake lagi maks 7hari terhitung dari hari pembelian ya. Kalo misal kamu pulangnya mau naik MRT lagi juga gapapa jangan dulu dikembaliin ke loket kartunya tinggal top up aja dimesin top up. Sungguh mudah pawners.

Tarif MRT
Tarif MRT Jakarta (sumber: twitter MRT)

Kalo bingung, cari aja TOP UP VENDING MACHINE kaya gini pawners ini fungsinya untuk isi ulang kartu single trip kalian daripada ngantri di loket tiket bisa isi sendiri (self service) pake uang tunai nanti ada kembaliannya juga loh jadi jangan takut ya.

Mesin top up single trip MRT
Mesin tiket otomatis

Gimana? Gampang banget kan? Kapan nih rencana mau coba? Ayo naik MRT semakin banyak yang naik trasportasi umum kita ikut berkontribusi mengurangi kemacetan loh, lagian adem banget sekarang naik transportasi umum sampenya juga lebih cepet dari naik kendaraan pribadi, olahraga juga iya jalan kaki ga kerasa udah sampe tujuan. Share yuk pengalaman kalian bagaimana naik MRT Jakarta.

Baca juga https://www.indoventurelife.com/2019/05/10-tips-dan-trik-liburan-aman-ke-luar-negeri/

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top