Kulineran di Semarang yuk!

Kulineran di Semarang yuk!
3 0
Read Time5 Minute, 42 Second

Setelah melewati beberapa drama travelling, akhirnya menuju kota Semarang terkabulkan untuk jalan-jalan sedetik. Hehe. Iya iya ga sedetik tapi lumayan singkat nih. Jalan – jalan ke Semarang gaada salahnya loh, kota nya ga kalah keren sama kota lain apalagi Jogja. Penduduk lokal yang ramah dan ini paling penting setelah research berkali-kali kota nya friendly untuk solo travelling. Ya, sangat aman banget untuk female solo traveller guys. Next aku sharing pengalaman solo travelling ya, hujan-hujan gini enaknya bahas makanan nih mantap kan. Ga mungkin dilewatin kan sambil jalan-jalan nyobain kuliner di Semarang ini, yup baca sampe habis ya!

Setiap mengunjungi tempat baru pasti kan pengen banget tuh coba makanan khas Semarang? Apa cuma aku doang yang laper? Hehe. Tapi legend sih makanan kuliner Semarang emang enak-enak, suka banget aku tuh. Buat pawners yang berencana mengunjungi kota Semarang, aku saranin banget kalian harus coba makanan ini. Ga akan nyesel dijamin deh.

Ok, mau mulai dari mana nih wisata kuliner di Semarang kita? Berkuah? Seger? Khas Semarang? Yaudah kita bahas semua nya!

1. Loenpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok, Semarang

Masih ada yang belum tau apa itu lumpia? Lumpia atau long pia (eng) itu terdapat kulit lumpia sebagai pembungkus nya berupa lembaran tipis tepung gandum, biasanya campuran rebung, telur, sayuran dan daging lalu dibungkus dengan kulit lumpia tadi. Nah yang paling terkenal di Semarang itu yaitu lumpia gang lombok ini, antrinya bener-bener panjang! Cek deh di channel YouTube Indoventure jajan lumpia legend ini.
Untuk lokasi tempat makan memang enaknya dimakan selagi hangat tapi kalo kalian dateng di waktu yang salah ga akan nikmat nyicipnya huhu tempat nya agak kecil dan sempit dan kebanyakan orang pesen untuk bawa pulang jadi memang enaknya dibungkus aja guys.
Ga akan nyesel sih udah antri panjang asal dapet lumpia nya karena bakal nagih! Lumpia nya juga ada 2 macam yaitu lumpia basah dan lumpia goreng, semuanya tinggal am, yummy!

Lokasi: Jalan Gang Lombok No 11, Purwodinatan, Kota Semarang
Harga: Rp. 17.000

2. Wingko Babat cap Kereta Api

Wingko Babat

Wingko babat yaitu makanan yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Banyak banget yang bawa wingko babat untuk dijadikan oleh-oleh. Penduduk Indonesia pasti udah ga asing lagi dong dengan wingko babat nah di deket kota lama Semarang ada toko kue wingko babat yang enak ini cap kereta api lokasinya ga jauh dari kota lama Semarang tinggal jalan aja sampe lampu merah dan nyampe deh.

Lokasi: Jl. Cendrawasih No.14, Purwodinatan, Kota Semarang
Harga: Variatif sesuai rasa kisaran Rp. 5.000 – 8.000 per pieces

3. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Salah satu penjual soto yang sudah terkenal dan laris karena harga yang cukup murah dan rasanya pun tak perlu diragukan lagi, enak! Diberi nama soto bangkong karena awal mula jualan nya di jalan Bangkong guys dan sampe sekarang terkenal dengan nama soto bangkong jadi soto bangkong ini bukan soto katak ya hehe. Sajiannya seperti soto biasa bisa pake nasi atau soto tok’ plus dihidangkan beberapa tusuk tempe, perkedel, sate telor puyuh dan sate kerang. Sangat nikmat! Tempat makannya juga lumayan luas, nyaman deh.

Lokasi: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Kota Semarang
Harga: Sate Rp. 2.500 per tusuk, Soto Rp. 25.000

4. Asem-asem koh liem

Warung Makan Asem Asem Koh Liem

Ini nih salah satu makanan favorit Ms. Indoventure! Dengan cuaca yang panas kota Semarang udah paling enak banget nih nyicipin menu andalan dari Warung Makan Koh Liem ini yaitu menu asem-asem yaitu sayur daging sapi dimana kuah nya itu loh yang enak banget asli asem asem seger, nah loh jadi ngiler kan bayanginnya. Ini wajib banget guys buat kalian coba. Untuk lokasi berupa warung makan atau sejenis warteg guys agak sempit tapi makanannya yummy deh. Banyak banget pengunjung yang dateng jadi kayanya emang udah terkenal banget asem asem koh liem ini. Ga lupa juga mumpung di jawa kan aku coba minuman asem jawa biar makin seger hehehe

Lokasi: Jl. Karang Anyar No 28, Gabahan, Kota Semarang
Harga: Rp. 20.000 – Rp. 50.000

Baca juga Tips dan cara membuat itinerary yang mudah

5. Pringsewu

Pringsewu Semarang

Iseng-iseng sepulang dari pasar malam yang letaknya ga jauh dari kota lama mampir sebentar ke pringsewu karena tertarik dengan menu nya yang menyebutkan tahu pong sebagai khas makanan kota Semarang. Penasaran kan apasih itu tahu pong? Jadi mampir deh. Berupa restaurant tempatnya sangat luas dengan masih bangunan lama karena lokasinya pun hanya beberapa meter saja dari kota lama Semarang. Selain itu tertarik juga ada minuman wedang runtah yang menarik perhatian. Kalo males cari tempat makan bisa pawners coba untuk makan disini namun untuk harga lumayan sih.

Lokasi: Jl. Suari No.10-12, Purwodinatan, kota Semarang
Harga: Rp. 90.000 untuk udang goreng, tahu pong dan wedang runtah

6. Semawis market

Tteobokki di semawis market

Semawis ini adalah pasar malam yang menyediakan berbagai makanan atau jajanan. Terletak di sepanjang jalan gang dan banyak jajanan yang bisa kita pilih dari snacks , makanan berat, minuman bahkan ada live music nya juga. Makanan apapun ada di sini bahkan dari berbagai pilihan daging sapi, ayam maupun babi. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk menikmati suasana malam sambil ngemil dan berjalan sepanjang jalan atau memang sengaja untuk menikmati makan malam saja. Harga pun variatif sesuai dengan makanan yang kita beli. Sempet cobain makanan ala ala korea di pasar malam semawis ini yaitu hotteok dan tteobokki lumayan enak sih masing-masing seharga Rp. 16.000 saja.

Lokasi: Jl. Gang Warung No. 50, Kauman, kota Semarang
Harga: mulai dari Rp. 10.000

7. Filosofi Kopi

Ice cream waffle dan ice coffee

Siapa sih yang ga kenal sama kedai kopi satu ini, setelah sukses buka cabang di Jakarta, Jogja dan kini Semarang. Agak penasaran juga sebagai kaum milenial yang sering nongkrong dan tiba-tiba nemu kedai kopi hehe jadi pengen mampir juga ya kan. Tidak ada yang berbeda dari coffee shop satu ini, sama saja dengan cabang yang lain. Tempat yang cozy, nyaman dan kopi tentunya enak, meskipun tampak dari luar itu bangunan lama.

Lokasi: Kota Lama Semarang
Harga: Rp. 72.000 untuk secangkir kopi dan sepiring waffle es krim

Nah kan jadi laper kan bacain kuliner di Semarang, ayo masukin list kalian nih yang ada rencana mau pergi ke Semarang harus coba ya. Share juga dong pengalamannya pawners biar bisa cerita-cerita ya kirim ada cerita kalian ke email kita ya. Semoga bermanfaat pawners sampai jumpa di cerita jalan-jalan selanjutnya.

Baca juga Main ke Jakarta pake tour guide

Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
33 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top