Trip to Kalbarri 4 Days 3 Nights

Trip to Kalbarri 4 Days 3 Nights
5 0
Read Time6 Minute, 15 Second

Selama pandemi covid19 begitu sulit bagi seluruh dunia, tak ada satupun yang tidak terkena dampaknya. Namun beruntung Australia menjadi salah satu negara yang dapat pulih lebih cepat dari negara tetangga. Sebagai International student, ini waktu yang pas memanfaatkan situasi untuk berjelajah saat negara sedang istirahat sejenak. Sedikit tourist menjadikan jalanan lebih leluasa dan beberapa area tourist places sepi. Trip to Kalbarri menjadi pilihan utama Indoventure saat ini, ketika beberapa waktu lalu ter-pending karena sibuknya membagi waktu antara sekolah dan pekerjaan. Hmmm kenapa Kalbarri..

Kalbarri terletak di bagian utara atas Western Australia, hamparan tanah merah sangat cocok untuk tempat hiking dan camping, oleh karena itu Western Australia terkenal dengan lokasi yang adventurous. Tak sedikit banyak tourist yang sengaja camping menuju kota Kalbarri dengan menikmati pemandangan yang indah serta suasana camping dibawah bintang-bintang apalagi dengan suasana pantai ditanah merah yang menjadikan kota itu sangat indah dan luar biasa keren. Pawners juga bisa mengunjungi website Kalbarri untuk info lebih lanjut selama berlibur disana.

Kalbarri adalah salah satu dari beberapa hotspot tourist di Western Australia yang terkenal. Jarak yang ditempuh juga cukup menantang yaitu sekitar +- 600km dari kota Perth. Namun perjalanan jauh tidak begitu terasa karena pemandangan yang dilewati dan jalan yang lurus. Feature terbaik yang bisa kalian dapatkan di Kalbarri yaitu pantai, camping area, mancing, hiking dan off-road trail walking. Seandainya aku punya waktu lebih lama, ingin rasanya menjelajahi seluruh isi Kalbarri ini. Ada beberapa tempat yang sangat menarik di Western Australia yaitu 1. Kalbarri 2. Coral bay 3. Ex-mouth dan 4. Broome. Nah makanya kali ini Indoventure mau bawa pawners trip to Kalbarri. Next trip aku berencana pergi 3 spot wisata lainnya diatas. Wanna join?

Nah trip kali ini aku ingin mencoba merasakan suasana camping di Kalbarri dengan menikmati indahnya malam disana, camping di Australia bukan kali pertama aku melakukannya namun kali ini aku pertama kali solo camping! Woaa so much excited. Waktu yang di persiapkan 4D3N termasuk perjalanan dan mengunjungi beberapa tempat lainnya dan 2 malam di Kalbarri. Seru? Tentu saja menyenangkan!!

Camp at kalbarri

Hal utama yang perlu diperhatikan sih, well-prepared. Kemampuan mapping bensin juga saat diandalkan karena masing-masing harga bensin di petrol station itu berbeda bahkan dalam satu kota loh. Dan kita gamau dong wasting money cuma karena ga prepare masalah bensin. Selain itu juga selalu sedia bensin cadangan kalo urgent ya! Tapi enaknya di Kalbarri banyak camp ground yang bisa kita pilih namun perlu diperhatikan point ini karena camp ground tutup jam 6 sore. So, lebih baik kita booking online atau siap-siap hunting camp ground mulai sekitar jam 2pm ya tapi hati-hati juga kalo peak season camp ground yang bagus dan strategis seringnya penuh loh!

Waktu yang tepat untuk pergi trip to Kalbarri itu sih bisa kapan aja namun ada waktu yang sangat tepat dengan perhitungan cuaca Australia yaitu sekitar bulan June sampai October namun tergantung juga perginya dari mana, Indoventure bisa saranin sih sesuai pengalaman kalo berangkat dari Perth, Western Australia. Karena pada bulan tersebut adalah waktu liburan dengan kondisi cuaca yang pas, ketika di Perth sedang musim dingin maka di bagian utara sedang hangat. Nah jika pergi dibulan December sampai Maret ketika musim panas (summer) di Perth maka di bagian utara akan lebih panas cuacanya, oleh karena itu harus memperhitungkan persediaan konsumsi air minum dan bensin juga loh.
Untuk yang pengen explore lebih dalam lagi, Kalbarri juga kan terkenal dengan wildflowers nah waktu yang tepat yaitu sekitar bulan September-November karena lagi pergantian suhu atau cuaca (autumn) jadi bunga mulai tumbuh lagi dan kalian akan disuguhi hamparan wildflowers yang indah. Untuk dapat menikmati pemandangan wildflowers kalian bisa mengambil jalan in-land menuju Muella dari Geraldton dan menuju jalur three spring, sepanjang jalan itu kalian akan melewati 10.000 macam wildflowers loh disertai pemandangan bukit-bukit yang indah. Keren kan?! Sayang sekali camping saat ini Indoventure belum kebagian melihat pemandangan wildflowers nih.

Banyak sekali spot yang bisa kalian kunjungi dan temui di Kalbarri, pasti kalian betah dan ingin berlama-lama stay disana. Trip di Kalbarri, Indoventure juga pergi ke beberapa tempat wisata yang menakjubkan dengan pemandangan yang keren.

Day 1
Indoventure mengunjungi Pink Lake di Hutt Lagoon, sebuah danau asin yang berlokasi dekat dengan pantai Indian Ocean yang berjarak 2km utara dari mulut Hutt river. Di hut lagoon kalian bisa berenang di pink lake loh.

Hutt Lagoon

Day 2
Sangat excited berenang di Blue Holes karena pantai yang indah banget dan menantang serta blue holes juga tempat yang pas untuk snorkeling loh, cantik banget! Kalo dapet perfect timing ketika air laut surut muncul bebatuan besar loh, epic! Sayang sekali karena ombaknya lagi besar banget jadi ga kesampean berenang karena kedorong terus ke daratan hahaha

Lalu Indoventure mengunjungi Nature window, walking trail dan pemandangan jurang yang menakjubkan selain itu terdapat batu yang terkikis berbentuk window. Untuk masuk ke area nature window bayar sekitar $15 saja.

Nature Window

Day 3
Mullewa, seperti yang sudah dijelaskan diatas mampir ke mullewa semoga mendapat keajaiban bertemu wildflowers dan ternyata bukan saat yang tepat sehingga yang aku dapat hanya dataran tanah merah yang tandus, next aku harus dapet view wildflowers nih.

 

Nah kan sayang sekali view yang aku dapetin belum saatnya berbunga hehe

Mullewa

Day 4
Geraldton menjadi tempat terakhir yang dikunjungi sekalian lewat pulang menuju Perth, banyak pantai dan beberapa lookout yang dapat dinikmati disekitar Geraldton.

Perjalanan yang melelalahkan sekaligus menyenangkan! Selain itu banyak lookout yang bisa kalian kunjungi atau datengin. Seperti china man beach yaitu satuan samudra hindia dengan river dan ada lumba-lumba loh selain itu juga jika air laut sedang surut bisa jalan dan berenang di sungai tersebut, ada juga Z bend yaitu sungai unik yang berbentuk seperti huruf Z, bisa juga hiking dengan jalan diatas batu-batu untuk sampe ke sungai Z bend.

Secara geografis, Australia sangat indah dengan pemandangan yang dimiliki yaitu bisa dengan melewati coast-line mulai perjalanan dari Perth sampai dengan Kalbarri dengan menikmati keindahan Hindia Ocean dan pulang melewati in-land dengan menikmati keindahan bukit dengan jarak pandang <5km.
Jika ada kesempatan lagi aku sangat ingin pergi berlibur ke Kalbarri lagi untuk refreshing dan santai sejenak dari hiruk pikuk suasana kota, belum lagi camping dengan pemandangan yang indah merasakan sleeping under the stars vibes, dengan suasana langit Australia tanpa polusi udara juga polusi cahaya. Perfect!

Info tambahan nih untuk campsite tergantung lokasi dan kota yang dituju jadi harga berbeda setiap campsite tapi untuk disekitar Kalbarri itu sekitar $10-$30/night. Untuk campsite nya juga jangan khawatir karena lengkap mulai dari toilet (wajib selalu ada) serta dapur dan juga listrik itu tergantung campsitenya. Jika memilih bepergian menggunakan caravan maka harus spend biaya campsite sekitar $40-$100/night.
Utnuk booking lebih enak dan simple lewat internet namun ada beberapa camp ground dengan view luar biasa atau biasa disebut hidden gem itu ngga bisa dibook lewat internet. So, kalo berniat booking on the go lebih baik punya beberapa alternatif campsite jika campsite yang dituju pertama penuh atau sulit dijangkau.

Well, gimana tertarik untuk camping di Kalbarri? Atau mencoba untuk camping? Ga sabar untuk menyambut dunia baru nih setelah corona virus pergi, yaa semoga benar-benar pergi ya dan bisa explore tempat yang lainnya. Tentunya menyiapkan budget untuk hunting tempat keren baru tipsnya bisa pawners dapetin DISINI

Happy travelling guys.

See you on next trip 👋

Baca juga Curhat kuliah dan cara kerja di Australia

Happy
Happy
33 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
67 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top