KRL pilihan transportasi di Jakarta, begini caranya

KRL pilihan transportasi di Jakarta, begini caranya
0 0
Read Time3 Minute, 50 Second

Hello pawners, kabar baik kan? Adakah disini yang belum pernah naik KRL atau Kereta Commuter? Nih sekilas info aja ya, transportasi yang sekarang sangat mudah dan efesien untuk naik transportasi di Jakarta atau transportasi umum, jadi mulai stop pelan-pelan pake kendaraan pribadi ya selain kita membantu mengurangi kemacetan dan juga nggak cape loh.
Info juga buat tourists yang jalan-jalan ke Jakarta ga usah bingung lagi atau ribet mikirin pake transportasi apa, kini lebih canggih loh. Semoga tourists betah ya jalan-jalan di Jakarta.

Krl
KRL atau Commuter line

Salah satu pengalaman paling males emang kalo jalan-jalan ke negara yang belum ada transportasi umum nya atau transportasi hanya bisa pake bis umum? Atau ojek? Angkot? Selain masalah di komunikasi, yaitu metode bayar yang ga jelas. Bersyukurlah Jakarta melalui banyak perubahan, semoga kota-kota lain di Indonesia menyusul ya.

Ok, lanjut ya bagi yang belum paham naik KRL atau masih takut hindari menggunakan KRL di jam sibuk yaitu jam masuk kantor 6 pagi – 8 pagi dan jam keluar kantor 5 sore – 7 sore soalnya rata-rata itu pasti penuh dan padat guys yang ada nanti kalian shock liat antriannya di dalam rel hehehe maklum karena penduduk Jakarta yang banyak jadi wajar kalo penuh tapi kalo diluar jam tersebut KRL aman dan nyaman kok.

Untuk pengguna KRL Wanita disediakan khusus gerbong khusus wanita yaitu terletak di gerbong kereta pertama dan gerbong kereta terakhir, bagi penumpang pria jangan salah naik ya tapi gerbong yang lain juga tetap dapat digunakan oleh penumpang wanita ya. Jangan lupa jangan duduk di tempat duduk prioritas karena sesuai tulisannya hanya diperuntukan untuk prioritas seperti penyandang cacat, lanjut usia, ibu hamil atau ibu membawa anak.

Pertama yang harus diperhatikan adalah selalu waspada ya guys naik transportasi di Jakarta apalagi transportasi umum dimanapun karena keamanan adalah kunci nomor 1. Lalu pembelian tiket, ada beberapa cara membeli tiket KRL yaitu:
1. Membeli tiket di konter tiket

Loket tiket
Loket Pembelian Tiket

Ada 2 jenis tiket yaitu KMT (Kartu Multi Trip) dan THB (Tiket Harian Berjamin), pawners biar ga pusing tinggal bilang aja sama petugasnya tujuan kemana.

2. Menggunakan kartu elektronik bank

E money
Kartu Elektronik Bank

Ada beberapa bank yang mengeluarkan kartu elektronik yaitu mandiri e-money, BNI tap cash, BRI brizzi dan flazz BCA. Semua kartu tersebut dapat digunakan untuk menggunakan KRL tanpa perlu membeli tiket kembali, cukup lakukan registrasi kartu elektronik bank tersebut di mesin yang sudah tersedia. Biasanya letak mesin nya di dekat loket pembelian tiket berukuran kecil kalian tinggal baca aja guys soalnya tulisannya lebih besar gitu dan kalian cukup TAP doang dah udah bisa langsung pake deh TAP di and GO.

3. Pembelian tiket KRL melalui Vending Machine

Vending machine
Vending Machine

Vending machine ini self service jadi kalian cukup siapkan uang saja dan tentukan tujuan nanti tinggal dipilih dan masukan uang ke dalam mesin tersebut lalu akan keluar tiketnya guys sesuai yang kalian pilih. Di vending machine juga kalian bisa isi ulang dan refund kalo tiketnya sudah selesai digunakan.

Kedua, kalian tinggal tentukan arah peron yang benar sesuai tujuan kalo misal masih bingung bisa cari petugas lalu tanyakan saja ya kalo sudah benar tinggal tunggu di peron tersebut sampai kereta tiba.

Ketiga, sama dengan menggunakan kereta pada umumnya biarkan penumpang turun terlebih dahulu baru masuk ya jangan buru-buru kan kasian kalo ada penumpang yang gagal turun malah lanjut ke Stasiun yang lain. Tinggal cari tempat duduk dan pastikan stasiun yang kalian tuju gak terlewat lalu turu deh.

Keempat, turun dan cari pintu keluar terdekat lalu TAP lagi kartu tersebut. Kalo kalian TAP menggunakan kartu elektronik bank sih ga perlu balikin ke loket pembelian tiket tapi kalo kalian beli tiket KMT jangan lupa kembali ke loket tiket untuk kembaliin kartunya nanti bakal di refund.

Bagi pawners yang masih bingung bisa download aplikasi KRL Access untuk dapetin info peron tujuan, atau kereta tiba jam berapa dan info lainnya tinggal download saja di Google Play atau AppStore dengan keyword KRL Access ya.

Krl access
Aplikasi KRL Access (source: website KRL)

Makin kesini senang ya Jakarta makin banyak publik transportasi jadi lebih mudah, kini MRT di Jakarta juga sudah ada loh!

Info lebih lanjut bisa buka website KRL nya ya.

Baca juga Tempat Jalan Jalan di Jakarta Yang Murah

Pawners jangan lupa kunjungi YOUTUBE INDOVENTURE LIFE atau klik link tersebut. Thank you jangan lupa like dan comment atau share ya.

See you on next post, happy travelling!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

2 thoughts on “KRL pilihan transportasi di Jakarta, begini caranya

  1. I’m no longer positive the place you are getting your
    information, however great topic. I must spend a
    while studying much more or figuring out more. Thank you for magnificent info I used
    to be on the lookout for this info for my mission.

    1. Hi, thank you for your advice. I’ll make it clear and explain more about transportation in Jakarta in the next post.

Comments are closed.

Back to top