Resep Dalgona Coffee Anti Gagal

Resep Dalgona Coffee Anti Gagal
3 0
Read Time2 Minute, 32 Second

Sekilas tentang dalgona coffee yang lagi hangat diperbincangkan saat ini. Sebagai pencinta drama korea pasti mendadak ingin mencicipi makanan yang sering muncul dalam sebuah drama. Contohnya saja ketika ada adegan makan ramyeon, tetiba rasanya ingin ikutan makan ramyeon juga. Seperti terhipnotis, terbuai adegan demi adegan yang muncul dalam sebuah drama korea.

Sama seperti dalgona coffee ini, minuman yang ramai diperbincangkan saat ini ditengah wabah pandemi covid19 yang mengharuskan kita berdiam dirumah banyak sekali yang ingin mencoba membuatnya. Dalgona coffee ini menjadi ramai diperbincangkan karena nama dalgona sendiri yang berasal dari korea yaitu jajanan permen asal korea selatan atau lebih dikenal sebagai ppopgi yang populer sejak tahun 1970. Permen ini memiliki rasa manis dan bertekstur seperti spons. Maka dari itu kopi tersebut dinamai Dalgona Coffee karena dinilai teksturnya mirip dengan spons atau busa yang tebal.

Awal kemunculan Dalgona coffee diramaikan salah satunya oleh pengguna Tiktok yang mengunggah video cara membuat dalgona coffee ini. Pembuatan dalgona coffee juga dianggap rumit dan memiliki tantangan karena harus mengubah kopi menjadi seperti busa atau spons dengan cara mengkocoknya.
Dalgona coffee sendiri merupakan campuran dari kopi instant, gula dan air yang dikocok secara cepat untuk menghasilkan busa tebal atau spons lalu disajikan diatas susu segar (fresh milk). Yang membuat agak sedikit sulit adalah mengubah kopi menjadi spons tersebut karena perlu berbagai usaha makanya banyak orang yang ingin mencoba membuat dalgona coffee ini selagi diam dirumah dan mulai bosan karena diwajibkan untuk work from home sebagai challenge.

Tidak terlalu sulit jika memang kita berniat untuk membuatnya, ada 3 cara untuk membuat dalgona coffee ini yaitu dengan sendok, kocokan telur atau mixer.

Lihat video ini: Cara membuat dalgona coffee

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video diatas.

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu pawners siapkan untuk membuat Dalgona Coffee:
2 sendok makan kopi instant
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan air hangat
Es batu sesuai selera
Fresh milk sesuai selera
Creamer jika ingin lebih manis (optional)

Cara membuat dalgona coffee dengan 3 cara diatas sama saja bahan yang digunakan serta takarannya yang membedakan adalah cara membuatnya saja. Jika membuat dengan sendok kira-kira diperlukan waktu +- 10menit sesuai dengan kecepatan mengkocok kalian diusahakan kocok cepat agar cepat jadi cuma agak pegal sih tangannya begitupun dengan kocokan telur. Jika memilih menggunakan mixer lebih cepat jadi sekitar +-5-8 menit dalgona sudah siap.

Jadi siapkan wadah mangkuk lalu masukkan 2 sendok makan kopi instant, 2 sendok makan gula dan tambahankan 2 sendok makan air hangat lalu kocok menggunakan sendok/kocokan/mixer lalu jika warna sudah mulai berubah kecoklatan coba angkat sedikit sedikit agar ada udara yang masuk sehingga nantinya akan mengental seperti busa tebal terus lakukan metode tersebut sampai dalgona benar benar jadi sempurna. Pawners dapat mengukur dalgona sudah jadi atau belum jika mangkuk di balikkan campuran kopi tersebut tetap padat atau tidak jatuh. Jika dalgona sudah jadi tinggal siapkan gelas ukuran sedang lalu campurkan es batu dan susu cair lalu tambahkan dalgona tadi diatasnya.
Dan tadaaaa dalgona coffee siap disajikan, jangan lupa untuk ambil gambar kreasi kalian ya.

Selamat mencoba!

Baca juga Review Durian SS2 Kuala Lumpur

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top