10 Objek Wisata Alam Bandung Murah

10 Objek Wisata Alam Bandung Murah
1 0
Read Time9 Minute, 10 Second

Saat ini memang bukan saat yang tepat buat jalan-jalan lagi, jika tidak ada hal penting lebih baik istirahat saja dulu dirumah. Tapi siapa sih yang ga bosen dirumah terus? Bisa banget jalan-jalan tapi ke tempat yang low risk atau minim risiko yaitu tempat outdoor atau ruang terbuka meski diruang terbuka juga kalian harus tetep patuh protokol kesehatan yang dianjurkan, inget jangan bandel penyesalan selalu datang terakhir kan? Selama pandemi ini juga memang harus fokus dengan kondisi keuangan kita, nah oleh karena itu Indoventure punya TIPS ok biar kantong aman tapi menyenangkan klik disini. Kini saat nya mencari Liburan yang budget friendly dan Wisata Alam Bandung yang murah jadi tujuan utama kita jalan-jalan kan.

Save aja dulu pergi kemudian. Tagline yang cocok buat saat ini ya ga sih? Haha

Mari sekarang kita jalan-jalan dulu keliling Bandung, udah bosen? Yang ini pasti ga akan bosen, sedikit lebih jauh dari Kota Bandung yaitu memasuki wilayah Kabupaten Bandung ternyata banyak banget hidden gems nih yang belum banyak orang tau alias masih sepi dan jalan pun ga seramai di Kota Bandung ya. Hmmm outdoor? Check. Sepi dari kerumunan orang? Check. Yang paling penting murah? CHECK! Udah penasaran belum? Atau ada yang udah bisa nebak? Beberapa spot disini itu tempat wisata alam Bandung murah dan cantik bikin seger mata loh.

Dibeberapa tempat ini juga kalian bisa camping loh, hayolooo dimana coba? TIPS dari indoventure sih jangan saltum atau salah kostum soalnya tempatnya dingin banget bbbbbrrrrrr jadi pake pakaian yang tebal atau bawa jaket itu harus loh atau kalian kedinginan hehe

Indoventure yakin beberapa dari kalian ada yang bisa nebak kaan, yup mari kita bahas spot menarik di daerah Kabupaten Bandung yang termasuk ke dalam objek wisata bandung murah. Yuk simak:

1. Sunrise Point, Cukul, Pangalengan

Dengan jarak kurang lebih 60km dari Kota Bandung, Indoventure yakin banget ga akan nyesel. Pemandangan yang bagus banget bikin tambah bersyukur sama keindahan dunia ini. Udara yang masih fresh, seger banget. Kalo bisa kesini pas sunrise wiii keren bangeet view nya, maka dari itu di namain sunrise point soalnya emang dapet banget view sunrise nya dari ini. Hamparan kebun teh dan jalan yang lika liku bikin tambah indah loh.

Akses kesini agak sulit, harus pake kendaraan pribadi dan jalannya sih bagus hanya kecil dan lika liku kaya ular tapi pas mau ke sunrise nya sekitar 400m jalannya jelek banget masih bebatuan mending parkir mobil dibawah terus jalan kaki sih soalnya jalannya juga kecil.

Tiket masuk Rp. 10.000 per orang
Parkir Rp. 5000

2. Situ Cileunca, Pangalengan

Situ Cileunca atau juga disebut danau Cileunca, yang penasaran view nya gimana bisa kunjungi channel Youtube INDOVENTURE LIFE


Situ cileunca tidak hanya menawarkan keindahan alam dan danaunya saja tapi banyak outdoor activity yang bisa dinikmati di situ Cileunca, yaitu camping sudah disediakan campsite disamping danau tinggal membawa peralatan berkemah saja pawners. Selain itu ada rafting atau biasa dikenal arum jeram, lumayan terkenal loh rafting di sekitar situ Cileunca ini karena track yang lumayan panjang dan menantang. Masih terlalu mainstream? Di situ Cileunca juga terdapat outbound loh seperti flying fox, paintball, panahan bahkan tour Pangalengan.

Keindahan danau Cileunca ini bisa juga dinikmati dengan naik perahu berkeliling danau Cileunca atau berfoto di jembatan cinta penghubung 2 desa.

Akses untuk menuju situ cileunca juga cukup sulit karena sedikitnya kendaraan umum jadi lebih baik naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Untuk parkiran juga luas jadi aman.

Jam Buka 06.00 sampai 17.00
Tiket Masuk dan Harga Outdoor Activity Situ Cileunca mulai dari Rp. 2.500 – Rp. 300.000

3. Hutan Pinus Rahong, Pangalengan

Lokasi Hutan Pinus Rahong ini tidak jauh dari situ Cileunca cukup berkendara sejauh 3km, disepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan kebun teh dengan kondisi jalan yang bagus namun agak kecil dan udara yang segar. 

Sesuai namanya Rahong ini dikelilingi oleh hutan pinus, yang bisa pawners lakukan di area hutan pinus rahong ini yaitu tersedia campsite untuk yang ingin berkemah diarea hutan pinus bisa juga hammocking dan tersedia juga arum jeram atau rafting berlokasi di sebrang area campsite. Di Rahong juga kalian akan melihat derasnya sungai berbatu untuk mandi air atau hanya bermain-main. Sama dengan situ Cileunca beberapa outdoor activity bisa dilakukan di Rahong. Jika hanya ingin menikmati suasana sungai ditengah hutan pinus pawners juga bisa menyewa Tikar seharga Rp. 10.000 saja

Tips: Jika mengikuti google maps agak tricky dan dikasi petunjuk rute yang agak aneh huhu  patokannya saja ketika sudah memasuki kawasan kebun teh jalan lurus saja ngikutin jalannya sampe nanti nanti sudah mulai ketemu banyak pohon pinus maka lokasi nya sudah dekat tinggal maju lagi sedikit sampe bertemu dengan jembatan dan disitu lah lokasinya. Dari jembatan itu harus jalan kaki ke atas sedikit lagi ya.

Jam Buka 07.00 sampai 17.00
Tiket Masuk Rp. 10.000 per orang

4. Wayang Windu, Pangalengan

Yang lagi hits dikalangan anak muda saat ini yaitu wayang windu mountain bike. Lokasi wayang windu ini ada di kawasan kebun teh hegar manah, Pangalengan, Jawa Barat. Selain pemandangan kebun teh yang ditawarkan yaitu dekat dengan lokasi kawah wayang yang tidak jauh dari wayang windu. Pemandangan yang menakjubkan dari dataran tinggi sangat sempurna melihat alam, kota-kota yang terlihat jauh lebih kecil dan gunung yang menjulang tinggi tanpa ada hambatan.

Yang harus diperhatikan ketika menuju wayang windu yaitu akses jalan yang masih berbatu, disarankan yang menggunakan kendaraan mobil atau motor matic untuk parkir dibawah saja dan jalan kaki sekitar 700m karena kondisi jalan yang masih jelek dan berbatu serta licin.

Intip lokasi dan suasana perjalanan menuju wayang windu di YouTube Indoventure Life

Untuk menuju wayang windu juga lebih mudah diakses melalui google maps, untuk rute nya pun sudah sesuai.

Tiket Masuk Rp. 10.000 per orang

5. Glamping Lakeside, Ciwidey

Mari kita berjalan ke Timur dari Pangalengan masih di sekitar Jawa Barat dan tentunya Kabupaten Bandung yang masih sedikit wisatawan yaitu ciwidey. Ciwidey ini berlokasi lebih dekat dari Kota Bandung sekitar 45km dari kota bandung.

Dibandingkan dengan Pangalengan, Ciwidey lebih banyak dikenal dikalangan wisatawan. Glamping Lakeside ini sebuah restaurant yang disebut juga Pinisi Resto serta didesign seperti kapal atau perahu besar layaknya film fenomenal Titanic. Berlokasi di tepi situ patenggang yang memawarkan view danau dari atas atau rooftopnya. Glamping Lakeside juga tidak hanya menawarkan restaurant dengan view yang indah namun terdapat cottage pinggir danau yang menarik dengan kapasitas kamar minimal 2 orang sampai 4 orang, untuk range harga sekitar Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 per malam.

Tiket Masuk Rp. 25.000 per orang
Pinisi Resto mulai dari Rp. 10.000

6. Situ Patenggang

Berlokasi dekat dengan glamping lakeside, pawners bisa berjalan kaki menuju situ patenggang dimana terdapat jembatan sepanjang situ patenggang. Spot foto paling favorit wisatawan yaitu di jembatan tersebut dengan view seperti ditengah danau. Angin yang lumayan kencang membuat suasana danau sejuk dan cantik dengan aliran air danau yang terbawa angin. Pawners bisa menikmati danau patenggang ini menggunakan perahu untuk berkeliling danau, pemandangan yang menakjubkan melihat keindahan alam danau yang dikelilingi kebun teh.
Salah satu objek wisata alam bandung murah yang jadi incaran travellers nih, ga sedikit juga view danau ini dijadiin tempat foto prewedding loh.

Tiket masuk Rp. 20.000 per orang

7. Driam Riverside, Ciwidey

Mulai memasuki kawasan Ciwidey kalian akan menemukan wisata alam yang tidak jauh dari Kota Bandung berkendara sekitar 30km. Kalian akan menemukan tempat wisata alam ini di kanan jalan dari arah Kota Bandung.

Selain wisata alam, bisa juga menginap di area driam riverside ini dengan range harga Rp. 400.000 – Rp. 1.500.000 per malam tergantung jenis kamar yang dipilih. Di area driam riverside terdapat juga foodcourt dengan pemandangan hutan bambu serta sungai yang cukup deras. Ada beberapa wahana yang bisa kalian nikmati serta berfoto ria seperti tenda yang melayang di sungai, ayunan yang menggantung serta jembatan bambu namun kalian harus bayar lagi setiap wahana Rp. 10.000 per orang belum termasuk dengan hasil photographer khusus driam riverside tetapi kita bisa memilih untuk mengambil foto tersebut atau tidak nantinya selain itu juga dikenakan biaya hasil foto untuk dikirim ke hp masing-masing berupa file image seharga Rp. 10.000 per foto bukan hasil cetak. Cukup merogoh kocek sih hehe

Tiket Masuk Rp. 20.000 per orang

8. Kawah Rengganis

Salah satu kawah yang masih jarang dihampiri wisatawan, dengan lokasi yang cukup jauh sekitar 60km dari Kota Bandung. Kawah Rengganis ini belum cukup populer dikalangan wisatawan lokal karena lumayan jauh serta akses menuju kawah yang cukup ekstrim, dari jalan utama ciwidey kalian diharuskan masuk melalui jalan setapak yang masih jelek dengan tanah merah.


Jika berkendara dengan mobil hanya bisa parkir dipinggiran kebun teh lalu jalan kaki sekitar 700m menyusuri jalan setapak tapi motor juga bisa masuk ke jalan ini namun harus sangat berhari-hati selain jalan yang masih rusak juga licin disamping jalan tersebut jurang dan kebun teh yang cukup curam perlu skill mengemudi yang bagus. Namun jika telah sampai di kawah Rengganis akan terbayar dengan mandi atau berendam di kolam air panas, pancuran air panas disamping kawahnya. Kalian juga bisa mandi lumpur disekitar kawah Rengganis. Minus dari kawah rengganis ini karena belum terorganize dengan baik kalian diwajibkan menitipkan helm dengan biaya cukup mahal yaitu Rp.10.000 per helm selain dari itu kawah Rengganis sangat indah untuk dinikmati.

Parkir motor Rp. 5.000
Tiket Masuk pay as you wish (seikhlasnya)

9. Ranca Upas, Ciwidey

Salah satu tempat yang sudah ga asing lagi ditelinga wisatawan apalagi traveller juga merupakan salat satu destinasi wisata alam bandung murah yang menjadi salah satu spot favorit traveller juga karena banyak yang menggunakan ranca upas sebagai campsite dengan harga yang terjangkau serta terdapat penangkaran rusa sehingga menjadi tempat yang menarik untuk yang berkemah dengan view rusa dipagi hari yang dapat kalian nikmati.

Tentu saja kalian bisa memasuki area penangkaran rusa dan berfoto dengan rus itu sendiri bahkan memberi makan yang sudah disediakan ditempat tersebut. Selain penangkaran rusa dan tempat berkemah di ranca upas juga terdapat beberapa wahana alam yang bisa dinikmati selain itu ada kampung cai ranca upas dengan kolam air panasnya.

Tiket masuk Rp. 15.000 per orang
Makanan rusa mulai dari Rp. 5000

10. Kawah Putih

Lokasi yang tidak jauh dari ranca upas masih berada dibawah ciwidey, kawah putih juga salah satu tempat yang populer dikalangan traveller. Banyak juga yang melalukan potoshot prewedding atau kegiatan lainnya dinkawah putih karena keindahan alami dari kawah itu sendiri, uniknya kawah putih yang berwarna putih kehijauan  serta dapat berubah warna tergantung dari kadar belerang yang terkandung, suhu dan cuaca loh.

Tiket masuk Rp. 25.000 per orang
Parkir Rp. 5000

Pengalaman yang menarik, seru dan tentunya murah gimana ga seneng kan. Bekel uang 100ribu udah dapet berapa tempat tuh? Wisata alam bandung murah emang masih banyak kan. Selain ga merogoh kocek terlalu dalam, aman juga kan karena wisata alam ini kan outdoor dan termasuk low risk loh. Pawners juga bisa tonton di channel Youtube INDOVENTURE LIFE ya untuk dapetin suasana yang lebih real dan bisa juga kunjungi instagram dan social media lainnya untuk tetap keep and touch.

See you in next trip! 

BACA JUGA  Trip to Kalbarri 4 Days 3 Nights

Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “10 Objek Wisata Alam Bandung Murah

Comments are closed.

Back to top