Jelajah alam di Bandung: Air Terjun Pengantin Cisarua

Jelajah alam di Bandung: Air Terjun Pengantin Cisarua
7 0
Read Time4 Minute, 49 Second

Gimana nih udah mulai masuk musim penghujan aja, ga kerasa ya waktu cepat berlalu. Mulai sekarang payung atau jas hujan jadi barang penting kedua selain masker nih. Tapi ada kabar bagus juga selama musim hujan ini ada beberapa tempat main outdoor yang memang bagusnya itu selagi musim hujan loh, curug! Curug atau air terjun sama aja ya dan saat ini Indoventure mau berbagi cerita salah satu air terjun di Bandung yaitu Air Terjun Pengantin. Salah satu air terjun yang ga kalah indah pemandangannya dengan air terjun lain yang ada di Bandung loh.

Sebelum jalan-jalan ke air tejun Pengantin, pawners sudah baca dong wisqta alam yang terletak di daerah Lembang yang bisa dikunjungin sebelum menuju air terjun pengantin. Nah yang belum jangan lupa baca blog ini dulu ya Jelajah alam di Bandung: Tebing Keraton Dago

Untuk wisatawan luar kota lumayan nih bisa hemat waktu dalam satu hari bisa mengunjungi dua tempat yang berbeda, seru banget dan berasa banget deh petualangnya seperti Dora the explorer . Air terjun ini juga kids-friendly ya, bisa buat acara keluarga seru-seruan atau sekedar jalan-jalan aja bareng temen-temen.

Tebing keraton dago
Tebing Keraton Dago

Dan lokasi ini adalah destinasi selanjutnya dari trip kita sebelumnya Tebing Keraton sekarang menuju salah satu air terjun yang ga kalah indah dan pemandangan yang bikin mata segar melihat hijaunya pohon-pohon di area air terjun ini.

Lanjut cerita nya nih sehabis jalan-jalan di tebing keraton sambil foto-foto jadi aku berencana main ke air terjun atau biasa kita (orang Bandung) sebut curug dalam bahasa Sunda. Kebayang gak sih habis cape jalan kaki jauh terus mandi di air terjun bbbrrrr segera pastinya. Ada beberapa air terjun di Bandung yang bisa pawners kunjungin namun kali ini Indoventure mau coba curug yang masih baru baru ini dikenal, masih jarang orang yang tahu/datengin. Nah tempat-tempat ‘baru’ kaya gini biasanya masih belum dikelola dengan baik jadi jangan terlalu berharap banyak dengan fasilitasnya.

Oleh karena itu dari rasa penasaran tentang curug ini, Indoventure memberanikan diri buat main ke curug ini nih dari berbagai sumber juga belum banyak info mengenai air terjun ini.
Butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk menuju curug ini dari tebing keraton Dago karena lokasi curug ini ada di Jl. Curug Penganten, Padaasih, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sudah pada tau kah anak hits tujuan kita ini sekarang? Sesuai nama jalannya ya yup! Kita sekarang menuju ke Curug Penganten woohoooww~~

Sekilas ya mengenai Air Terjun Pengantin Cisarua ini dari penamannya katanya sih berhubungan dengan pengantin dan beberapa mitos lainnya hmmmm tapi dari berbagai isu katanya sih karena air terjun pengantin ini memiliki dua aliran air terjun yang berdampingan seperti sepasang pengantin. Unik juga ya.

Air Terjun Pengantin
Air Terjun Pengantin

Ada yang unik dari air terjun pengantin ini yaitu akses menuju sini karena bisa dibilang cukup ekstrim ya jalan yang masih setapak dan melewati sungai kecil serta kebun sayur penduduk sana dan cukup jauh juga jaraknya. Nah sedikit info untuk menggunakan kendaraan, tidak ada parkiran secara khusus jadi kendaraan dititip di dekat warung gitu dan lumayan jauh juga jalan kaki dari parkiran motor untuk sampai ke curug ini. Apalagi jika sudah musim hujan sangat perlu ekstra hati-hati menuju curug ini karena licin jalan setapak yang masih dari tanah merah belum ada batu atau sejenis paving block lainnya.

Sesampainya di air terjun pengantin Cisarua cukup memukau sih, meski belum memasuki puncak musim penghujan namun air terjun ini memiliki air terjun yang cukup deras dan kita pun bisa berenang di air terjun ini, saat yang ditunggu-tunggu kan gengs.

Beginilah pemandangan air terjun pengantin yang berlokasi di Cisarua. Ada yang ga sabar buat berenang kaya aku?

Panas gini enaknya mandi di Air Terjun Pengantin

Cukup disayangkan ya sekitar sebelum menuju air terjun ini masih kotor dengan berbagai sampah, wisatawan yang mengunjungi air terjun pengantin kurang peka terhadap lingkungan sehingga meninggalkan sampah dilingkungan ini padahal kan karena curug pengantin ini belum ada pengelolanya kita harus lebih peka dan sadar akan lingkungan sendiri ya biar tetep indah dan asri. Padahal jika area curug ini bersih sih bagus banget loh, sekeliling air terjun yang hijau asri dan beberapa batu besar yang ikut menghiasi curug pengantin ini.

Beberapa wisatawan atau pengunjung yang datang ke curug penganten ini rata-rata keluarga dan penduduk sekitar jadi sering sekali mereka berkunjung menikmati air terjun pengantin ini sambil membawa bekal atau piknik. Ide yang bagus juga sih makan diatas batu sambil memandang air terjun. Tapi jangan lupa ya untuk tidak membuang sampah di area air terjun ini lebih baik dibawa kerumah lalu dibuang atau dibuang sampai menemukan tempat sampah.

Tapi tidak mengganggu keindahan dari curug pengantin ini masih bisa dinikmati dengan berenang di bawah air terjunnya, bener – bener seger sekali diiringi dengan suara serangga kecil yang bikin ramai namun tenang.
Salah satu nya aku berfoto dari atas batu besar oke juga nih bisa jadi referensi pengambilan gambar buat pawners biar pemandangan curug pangantenya kebawa semua kan.

Selfie di Air Terjun Pengantin
Pengambilan foto diatas batu

Mengingatkan ya di curug pengantin ini belum ada toilet atau tempat ganti baju namun kalian bisa manfaatin untuk ganti pakaian di belakang batu besar, selain itu pengunjung curug pengantin juga belum terlalu banyak dan ramai seperti wisata air terjun lainnya kok. Dan juga terbilang aman, diusahakan jangan terlalu sore ya kira-kira maksimal jam 3 sore sudah harus kembali menuju parkiran kalo ngga jalan pulangnya susah karena gaada lampu penerangan kan.

Yang mau liat secara visualnya bisa banget di subscribe dulu ya channel travelling kita di Youtube Indoventure Life ya biar dapet info dan notifikasi kalo kita upload video baru biar ga kelewatan.

Thankyou banget yang udah sempetin baca blog traveling Indoventure Life semoga makin terinspirasi ya. Boleh juga kok keep n touch sama kita di berbagai media sosial dan saling bertukar info. Ada yang mau ditanyain? Tinggalin comment aja gengs!

Air Terjun Pengantin Cisarua
Curug Panganten

Baca juga 10+ Rekomendasi Cafe Instagramable di Bandung

Happy
Happy
17 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
33 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

10 thoughts on “Jelajah alam di Bandung: Air Terjun Pengantin Cisarua

  1. If you want to use the photo it would also be good to check with the artist beforehand in case it is subject to copyright. Best wishes. Aaren Reggis Sela

  2. Keep up the great piece of work, I read few articles on this website and I think that your blog is really interesting and has lots of superb info . Trudy Errick Launce

  3. Hello. This article was extremely interesting, especially because I was browsing for thoughts on this subject last couple of days. Anne-Corinne Phillipe Hernando

  4. I have been reading out many of your stories and i can claim pretty clever stuff. I will make sure to bookmark your website. Anabal Jethro Hunter

Comments are closed.

Back to top