5 Objek Wisata Kamojang terdekat di Garut

5 Objek Wisata Kamojang terdekat di Garut
3 0
Read Time7 Minute, 30 Second

Wisata Populer Garut saat ini

Masih belum bosen kan jalan-jalan di kabupaten Bandung kali ini agak sedikit maju ya, kita mau jalan-jalan ke salah satu tempat wisata terkenal di Kabupaten Garut lokasinya sih belum masuk Garut kota kok jadi ya masih tetanggaan sama Kabupaten Bandung atau mungkin bisa dibilang perbatasan kali ya. Akhir-akhir ini sih Wisata Kamojang mulai populer lagi begitu juga untuk lokasi yang belum masuk ke kota Garut jadi masih dekat dengan Kabupaten Bandung.

Setelah kita mampir ke beberapa kawasan wisata kebun teh, curug atau air terjun dan sekarang kita mau main ke taman dan kawah ya. Yang belum sempet baca wisata alam yang lagi hits dan populer pawners bisa liat postingan-postingan blog sebelum ini ya.

Objek Wisata Garut

Kawah Kamojang Garut

Kawah Kereta api Kamojang
Salah satu kawah kamojang yang dinamakan Kawah kereta api nih, tau ga kenapa?

Ada yang pernah denger ga Kamojang? Loh loh eits bukan itu ya kalo cewe-cewe cantik Bandung itu namanya mojang nah kalo yang ini Kamojang ya jangan salah denger lagi.

Sedikit cerita tentang Kamojang ini yang aku tau ya berupa kawah atau lebih sering dikenal dengan Kawah Kamojang nah dulu itu jalannya bener-bener terjal banget alias bukan jalan-friendly banget deh dulu mungkin sekitar tahun 2010an bahkan katanya angkutan umum disana yang mau ke Kawah Kamojang pake NOS (Nitrous Oxide System) aku ga terlalu paham ya sama Automotive beginian jadi pawners bisa googling ya huhu tapi itulah yang aku denger ya namanya juga gosip ya kan soalnya jalannya itu bener-bener nanjak banget sampe-sampe jarang ada kendaraan yang bisa melewati jalan tersebut.

Namun karena wisatawan mulai banyak yang mengenal wisata Kawah Kamojang dan terhitung banyak kecelakaan juga beruntunglah sekarang dibuatkan jalur khusus yang agak landai sehingga banyak kendaraan yang bisa melewati jalur tersebut bahkan sekarang jalannya sudah sering dan banyak dipakai untuk jalur transportasi Bandung – Garut, sekarang pemudik juga sering memakai jalur ini untuk pulang ke kampung halamannya. Sekitar tahun 2016-2017 Jembatan Kuning Kamojang ini mulai bisa dilewati oleh pengendara.

Nah untuk pawners yang pengen ber wisata ke Kawah Kamojang Garut bisa mampir dulu di jembatan kuning (jangan tanya, entah kenapa dinamai jembatan kuning selain karena memang warnanya kuning) salah satu spot foto yang banyak diminati wisatawan nih foto di jembatan kuning ini. Karena memang jembatannya cukup besar dan view gunung yang menarik jadi jembatan ini juga saat terkenal selain itu juga mungkin yang mengenal sejarah dari jembatan kuning ini sebagai penghubung jalan yang aman saat ini.

Jembatan kuning kamojang
Jembatan kuning ini menjadi salah satu spot foto loh, mau ikut fito disini juga?

Jalan menuju Kawah Kamojang akan melewati jembatan kuning dan saat ini kondisi jalan cukup aman dan lebar ya namun karena masih rawan kecelakaan sebaiknya berhati-hati ya terumata kondisi kendaraan harus dalam keadaan prima karena tidak ada bengkel sekitar sini alias masih sepi setelah melewati jembatan kuning yang dapat kita lihat hanya hutan pohon pinus saja dan belum ada penerangan jalan yang maksimal, kondisi jalan juga masih nanjak ke atas dan kalau hujan sudah pasti licin ya.

Ok setelah berkendara kurang lebih 1jam dari jembatan kuning menuju tempat wisata Kawah Kamojang saatnya kita masuk ke area Kawah, sesuai namanya jadinya Kamojang ini adalah Kawah. Kawah Kamojang berlokasi di daerah Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Nah Kawah Kamojang ini juga sebagian besar dikelola oleh PLTU Kamojang jadi jangan heran ketika mau sampai ke area Kawah Kamojang pawners akan melihat pipa besar dan sedikit bau belerang namun tidak terlalu menyengat kok.

Tiket masuk yang dikenakan untuk memasuki area wisata Kawah Kamojang Garut sebesar Rp. 7.500 ditambah asuransi Rp. 2000 dihitung per orang serta untuk yang memakai kendaraan bermotor dikenakan tarif Rp. 7.500, Mobil Rp. 15.000, Bus Rp. 75.000 dan Sepeda Rp. 3000 untuk kendaraan dihitung berdasarkan per unit ya.

Lanjut ya, ada apa aja nih di Kawah Kamojang? Seperti jalan-jalan sebelum ya kita mampir ke Kawah Rengganis Ciwidey yang menjadi Hidden Gem kita nih. Tentunya di Kawah Kamojang banyak aliran atau pancuran kawah ya ada yang dinamakan Kawah Manuk, Kawah Kereta serta Kawah Hujan.

Selain itu juga pawners bisa mandi atau berendam air panas yang sudah dibuat dalam bentuk per kamar, menurutku Kawah Kamojang ini cocok banget yang pengen liburan bareng keluarga untuk menikmati air panas kawah dan juga pawners bisa mandi sauna di beberapa area kawah yang tadi disebutin loh.

Kawah Kamojang
Ini adalah satu lokasi kawah yang berada di Kawah Kamojang

Selain itu wisata Kawah Kamojang juga sudah dikelola dengan sangat baik dari mulai akses jalan yang nyaman, warung yang tertata rapi, ada mesjid dan juga kamar mandi untuk ganti pakaian yang aman serta area parkir yang cukup luas.

Kawah Kamojang
Akses jalan di kawah kamojang juga sudah menggunakan paving block sehingga nyaman untuk berjalan mampir menuju kawah satu ke kawah yang lainnya.

Kamojang
Selesai bermain dan ber wisata di Kawah Kamojang masih ada nih destinasi terakhir kita yaitu kita akan mampir ke Kamojang Ecopark, lokasinya tidak begitu jauh dari Kawah Kamojang karena masih di sekitar Samarang, Kabupaten Garut.

Setelah dari Kawah Kamojang lanjut ke Kamojang Ecopark Garut

Kamojang ecopark
Ini adalah tiket masuk menuju Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark ini bukan lagi wisata yang terjadi karena alam namun seperti taman bermain buatan yang sangat luas namun sayang sekali ternyata Kamojang Ecopark belum selesai pembangunannya jadi masih banyak spot foto atau area bermain yang belum bisa digunakan selain itu juga ada beberapa spot foto yang dikenakan biaya lagi selain tiket masuk hmmmm.

Untuk tiket masuk ke Ecopark Kamojang ini dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 dan parkir Rp. 5000 namun area parkir yang belum tertata rapi membuat jadi kurang nyaman padahal sangat luas tempatnya sih apalagi jika datang di musim penghujan seperti sekarang sudah pasti akan becek dan licik karena ada sebagian jalan masih dengan tanah tanpa ada batu-batu kecil atau semacamnya.

Hutan pinus Kamojang
Hutan pinus ini berada didalam Kamojang Ecopark. Asri dan adem banget sih liatnya

Masuk ke dalam kawasan Ecopark Kamojang kalian akan melihat hutan pinus disekelilingnya, ada beberapa warung untuk jajan atau ngopi cantik juga kok. Spot foto yang kekinian juga menghiasi area Ecopark Kamojang.

Jika pawners mengunjungi Ecopark Kamojang cocok sih buat yang ingin bersantai menikmati alam dan suasana. Semoga kedepannya Ecopark Kamojang cepat selesai pembangunannya sehingga wisatawan juga maksimal mengunjungi tempat ini tapi overall Worth do visi kok guys apalagi yang suka foto-foto hehehe

Spot Foto Kamojang Ecopark
Instagram-able banget sih pemandangan nya bikin betah foto kan

Pesan aja nih buat yang mau mengunjungi area wisata alam Kamojang sebaiknya bawa jaket yang tebal dan hangat ya karena berada di ketinggian jadi udara cukup dingin loh, tetep jaga kesehatan, jaga jarak dan selalu pakai masker serta mengikuti protokol kesehatan setempat ya pawners.

Spot foto di Kamojang ecopark
Ada ala ala cottage gitu dong, prewedding oke juga nih foto disini

Ada banyak banget spot foto yang bisa pawners nikmati di Ecopark Kamojang ini selain foto-foto diatas masih banyak lagi loh. Boleh banget mampir ya ke media sosial Indoventure Life buat ngintipin album jalan-jalan kita nih hehe

Cuaca saat ini yang dingin-dingin sejuk emang enaknya makan mie di warung bener ga sih? Rasanya itu emang beda sendiri sama kalo kita buat sendiri haha nah jangan khawatir di Kamojang Ecopark juga sudah ada warung-warung buat nongkrong cantik kalo udah cape keliling tamannya.

Ssstttt aku bisikin nih, jangan sampe ada yang kelewat ya. Karena ada salah satu tempat yang bagun]s banget didalam area Kamojang Ecopark ini dan masih free loh cuma emang perlu usaha lebih aja buat sampe tempat itu berasa naik naik ke puncak gunung 😛

Cilok di wisata kamojang garut

Warung Bandrek Paseh

Sambil menuju pulang aku juga mau infoin sedikit nih ada warung yang aku rekomendasikan buat pawners yang mau mengunjungi bahkan menikmati pulangnya di sore hari kaya aku yaitu namanya Warung Bandrek Paseh, tempat ini terkenal banget loh diantara wisatawan yang sering main ke Kamojang.

Tempatnya cukup kecil namun minuman yang disediakan mantap! Mayoritas yang dijual memang bandrek tapi ada juga varian lain seperti kopi bahkan kopi badrek, pernah coba? Lokasinya berada di Jl. Oma Anggawisastra, Ibun, Kabupaten Bandung letak warungnya seperti warung kopi biasa pada umumnya dan berada di pas tikungan Ibun.

Jika sempat pawners harus coba mampir ke sini ya, selain jual aneka minuman bandrek, warung Bandrek Paseh ini juga menyediakan makanan berat kok. Harganya sangat bersahabat mulai dari Rp.3000 pawners sudah bisa menikmati secangker bandrek hangat.

Liburan hari ini sudah selesai nih jalan-jalan ke Kamojang, Garut. Besok lusa kita ke mana lagi ya? Yup! Jangan lupa sering – sering mampir ke blog travel Indoventure Life ya biar ga ketinggalan update jalan-jalannya.

Follow juga media sosial kita biar saling keep and touch! Yang ada di kanan atas halaman ini.

See You, Happy Holiday Pawners~~

Baca juga Tour Bromo asik dan seru. Wajib Baca buat pemula

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top