Curhat kuliah dan cara kerja di Australia

Curhat kuliah dan cara kerja di Australia
1 0
Read Time3 Minute, 22 Second

Beberapa orang bilang mengunjungi Australia itu begitu susah, perlu finansial yang bagus dan tujuan yang jelas namun terbayar ketika berhasil mengunjungi Australia. Kota yang indah, jauh dari kemacetan meskipun gaada MRT tapi transportasi lain begitu nyaman. Juga mempunyai kesempatan cara kerja di Australia.

Mr indoventure akan cerita sedikit salah satu bagian dari Australia. Kita bercerita tentang Western Australia yaitu Perth Mr. indoventure akan berbagi pengalaman bagaimana bisa tinggal dan kerja di Perth. Kenapa Perth? 

Perth
City if Perth (Source: Google maps)

Perth merupakan kota yang sangat urban, letak geografis Perth ini terbagi dua dibagian atas tanahnya merah seperti desert namun dibagian bawah hijau seperti Indonesia.

Western Australia
Source Google maps

Untuk biaya hidup dan tempat tinggal, Perth tergolong murah dibandingkan kota lain di Australia seperti Sydney atau Melbourne. Sangat bersahabat bagi saya sebagai student di Australia. Selain dari itu Perth juga kota yang sepi dan malam hari sangat sunyi sangat jauh dari hiruk pikuk kota besar yang menjadikan Mr. indoventure menyukai kota Perth yang nyaman. 

Untuk kesempatan bekerja sebagai student lebih mudah di Perth karena dekat dengan pengeboran gas bumi sehinggan perekonomian bagus di bagian Western Australia. Sebagai student banyak pengalaman yang Mr indoventure lalui dan cukup adventurer. Mungkin Perth bisa jadi pilihan buat fellas yang berencana kuliah di luar negeri. 

Baca juga https://www.indoventurelife.com/2019/07/curhat-episode-ditolak-visa-australia/

Untuk masuk Australia sendiri saya masuk sebagai student tergolong susah susah gampang tergantung tujuannya. Misalnya fellas harus sudah menentukan universitas mana yang akan dituju setelah itu tinggal mengikuti prosedur untuk masuk university lalu nanti akan dikasih invitation letter dari university serta melunasi pembayaran ke university tersebut lalu setelah semua payment beres nanti akan di berikan Confirmation of Enrolment (COE) nah ini digunakan sebagai tiket untuk mendapatkan visa student. Kalo udah dapet COE kemungkinan dapet visa ditangan 80-90%. Tapi ini untuk mendapatkan visa student ya untuk syaratnya sendiri kirakira harus menyiapkan deposits sekitar $50.000 sampai $100.000. 

Tapi beda ceritanya kalo kalian visit menggunakan visa tourist atau work & holiday visa ada kemungkinan lebih rumit atau bahkan mudah tergantung kemampuan masing-masing. Karena immigration punya rules tersendiri untuk membolehkan atau tidaknya foreigner masuk negaranya yang memang tidak ada ketentuan yang pasti. Nanti akan indoventure bahas berbagai macam visa di next post ya. Australia ini termasuk ke dalam diverse country sulit membedakan mana tourists atau citizens namun kebanyakan orang asia yang datang ke Perth sebagai student scholarships sedangkan orang America atau Europe dan lainnya datang sebagai pekerja full time.

Untuk Australia sendiri tidak ada larangan atau aturan khusus mereka bebas dalam gaya hidup bahkan penampilan namun harus diperhatikan ketika datang ke Australia ada beberapa makanan yang dilarang masuk Australia seperti makanan basah atau daging mentah dan berbagai makanan lain yang sejenisnya kalau sampe lolos akan kena denda. Kan sayang banget tuh. Atau jika kalian memang harus membawanya pastikan declare terlebih dahulu agar tidak kena denda soalnya dendanya cukup mahal kisaran $500.

Nah info tambahan fellas, kalo misalnya kalian sudah lulus dari university tapi masih pengen tinggal di Australia ada cara lain yaitu bisa bayar $1500 untuk tetep bisa stay selama 1,5 tahun dan kalian tinggal selayaknya warga australia bebas mau kerja atau holiday sepuasnya.

Menarik kan? Tapi kalo kalian yang berniat pengen visit Australia pake tourist visa yang paling penting adalah financial yang bagus atau minimun dapet pendapatan yang reguler dan tabungan yang cukup. Karena tourist bertujuan untuk membantu pemasukan perekonomian negara maka itu diharuskan untuk memiliki keuangan yang bagus intinya biar ga nyusahin negara tersebut lah. Mungkin sedikit lebih ribet dibandingkan visa negara lain. Tapi akan berbeda jika kalian memilih untuk datang menggunakan work & holiday visa. Intinya sih tergantung tujuannya untuk apa fellas.

Morning vibes

Naaaah.. yuk mulai menabung dan caricari referensi liburan mumpung masih muda. Ternyata masuk negara lain itu susah yaa beda banget sama orang bule yang dateng ke indonesia. Makin semangat untuk kerja kan jadinya? Hehe Tenang semua ada jalan, ada usaha ada jalan keluarnya.

See ya di next post yaa mari kita pahami tentang visa https://www.indoventurelife.com/2019/07/jenis-jenis-visa-luar-negeri-part-1/

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Back to top